Thursday 26 February 2015

Happy 15th Anniversary SHE




Di awal tahun 2000, ketika sedang happening sebuah grup band asal Irlandia bernama The Corrs, memunculkan sebuah ide dari Dino Ratunandang dan juga Fredy Silaen untuk membentuk sebuah banda yang beranggotakan perempuan dan ada alat music biola. Maka setelah mengumpulkan beberapa musisi cewek pada saat itu dan dengan proses audisi dibantu oleh Ari Aru dan Rudi Zulkarnaen, terkumpullah di antaranya Arina (vocal yang saat ini menjadi vocalis band Mocca), Kika (electric guitar), Lina (drum) dan beberapa personil, makia terbentuklah SHE. Dan tanggal 26 Februari saat pertama kali SHE manggung di Fame Station, dijadikan hari lahirnya band perempuan ini.
Dengan berjalannya waktu, kemudian terjadilah pergantian beberapa personil di bulan Mei. Masuklah Arnie (Bass), Yayo (Keyboard) dan Achi (Violin) melalui proses audisi juga. Formasi dengan 6 instrument ini berubah menjadi 7 dengan masuknya Riry ( Accoustic Guitar), dan formasi terus bertahan lama.
Pada tahun 2001 , mundurnya Lina dari posisi Drummer, maka diadakan audisi untuk menggantikan posisi tersebut. Adisty yang akhirnya terpilih menggantikan drummer SHE. Dan pada tahun yang sama pula Arina memutuskan untuk keluar dari SHE dan bergabung dengan Mocca. Maka audisi untuk mencari vocalis baru dilakukan. Setelah melewati beberapa tahap audisi maka Melly pun bergabung dengan SHE di tahun 2001.
Formasi Achie, Adis, Arnie, Kika, Melly, Riry dan Yayo terus bertahan dari tahun 2001 sampai tahun 2005, di mana SHE mengeluarkan album pertam “Tentang Aku, Kamu dan Dia”, dengan singlenya Tiada Lagi. Sebelumnya di tahun 2003, SHE dikontrak oleh label BMG. Tentu proses membuat lagu dengan selera music yang berbeda da nisi kepala dari 7 personil tidak semudah membalikkan telapak tangan. Dibantu sahabat SHE, Ari Aru sebagai Music Director, maka terciptalah 11 lagu yang berhasil dimasukkan ke dalam album pertama tersebut di awal tahun 2005.
Di tahun yang sama, tepatnya di pertengah tahun 2015 Kika memutuskan untuk keluar negeri dan keluar dari SHE. Ini membuat posisi di electric guitar menjadi kosong. Setelah diadakan audisi, terpilihlah Qoqo. Pada saat yang bersamaa, label BMG bermerger dengan Sony menjadi Sony – BMG, dan SHE pun menjadi salah satu artisnya.
Dengan formasi terakhir inilah yang akhirnya SHE mengeluarkan album kedua “Tersenyum Lagi”, dengan single pertamanya Slow Down Baby yang pada tahun 2007 termasuk lagu paling hits. Banyak yang mengira bahwa album ini adalah yang pertama, padahal ini adalah album kedua. Ditambah single slow Selingkuh Sekali Saja yang mampu membuat SHE menembus charts nomor 1 saat itu di banyak radio di Indonesia. Selain itu lagu Abrakadabra, Mana Tahan juga sempat menjadi soundtrack sinetron. SHE pun sempat menjadi Duta Ambassador dari sebuah produk elektronik ternama.
Tahun 2009, keluarlah album ketiga SHE yang berjudul “ Tak sekedar Kembali”. Single Jomblowati menjadi andalannya saat itu dan lagu tersebut dipakai untuk menjadi soundtrack di sebuah acara Reality Show yang sedang fenomenal Take Me Out. Lagu Apalah Arti Cinta dan Bukan Untuk Sembarang Hati pun menjadi soundtrack dari beberapa sinetron di Indonesia. Dan menembus penjualan RBT yang cukup tinggi pada saat itu.
Ditahun 2012 tepat 2 bulan setelah SHE merayakan ulang tahunnya yang ke-12, Riry (acoustic guitar) mengundurkan diri dari SHE, karen ingin fokus untuk meniti karir di dunia professional lain. Dan Januari 2013 Achi ( Violin) juga mengundurkan diri karena mau fokus untuk sekolah music orchestra. Hal ini membuat SHE kehilangan 2 instrument. Namun Riry dan Achi masih sempat untuk ikut andil dalam penggarapan album SHE yang keempat.
July 2013 album SHEyang keempat “She is the best” pun keluar. Dengan gabungan lagu-lagu lama SHE yang sempat hits dan juga 5 lagu baru, dan singlenya Gadget. Namun dengan lesunya industri musik di Indonesia, album ini tidak terlalu terdengar gaungnya. Dan pada Januari 2014 pun vocalis SHE Melly mengundurkan diri untuk bersolo karir.
Hal ini membuat formasi semakin berkurang dan hanya menyisakan Arnie, Arnie , Qoqo dan Yayo untuk terus mengibarkan bendera SHE. Kehilangan vokalis sejujurnya membuat SHE sedikit down, karena biar bagaimanapun vokalis adalah front liner dari sebuah band. Tetapi anggota yang tersisa bertekad untuk terus berkarya. Dan memutuskan untuk mencari vokalis baru. Proses audisi vokalis pun diadakan dan berlangsung selama 3 tahap. Dengan dibantu oleh tim management dari ISB (Indonesia Seru Bersatu) dan Sony Music , audisi diadakan di Bandung dan Jakarta. Di mana calon vokalis sebelumnya harus mengirimkan contoh suaranya melalui email, kemudian oleh SHE dan tim dipilih 10 terbaik di tiap kota. Dan pada akhirnya tanggal 14 Juni diadakan final untuk 5 orang finalis, yang sudah dipilih dari sekitar 72 orang kontestan.
Setelah mengadakan seleksi ketat dan didiskusikan bersama dengan SHE dan tim management saat itu, maka terpilihlah Daeztyne, kontestan dari Cirebon. Pengumuman dilakukan pada tanggal 28 Juni 2014. Warna suara dan karakternya berbeda dengan vokalis sebelumnya , dengan maksud untuk mencari sesuatu yang berbeda dari vokalis SHE sebelumnya.
Dan akhirnya, bulan Februari2015 ini SHE kembali dengan konsep baru dengan single yang masih mengusung ciri khas SHE itu sendiri, ceria dan fresh. Namun dengan warna suara Daeztyne yang berat berbeda warna dengan Melly (vokalis sebelumnya), musik gabungan pop dan reggae akan terdengar sedikit berbeda dan belum pernah ada di album-album SHE sebelumnya. Namun diharapkan mampu membayar semua kerinduan penggemar dan penikmat musik pada umumnya dan SHE khususnya.
Don’t Give Up single SHE yang pertama di formasi baru ini, merupakan curahan hati dari SHE yang bisa menjadi motivasi untuk semua orang untuk tidak menyerah menghadapi semua tantangan di kehidupan, selalu semangat karena dengan semangat maka semua impian akan kita raih.
Tanggal 26 Februari 2015 ini, genap 15 tahun SHE meramaikan music Tanah Air. Dengan vocalis baru diharapkan SHE akan tetap solid dan sukses ke depannya. Selain itu, dengan single terbarunya pun SHE semakin dikenal dan diterima masyarakat pecinta musik Indonesia.

Happy 15th Anniversary SHE!! J






No comments:

Post a Comment